BEI Target Kapitalisasi Pasar Rp13.500 Triliun Pada 2026, Ini Komentar Guru Besar UI

Bisnis.com, JAKARTA – Direksi baru PT BEI periode 2022 – 2026 telah mencanangkan sejumlah program dan target jangka panjang, termasuk soal kapitalisasi pasar.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, pihaknya telah memiliki target jangka panjang untuk pasar modal Indonesia hingga 2026 mendatang. Iman menargetkan pertumbuhan pada sejumlah indikator – indikator pasar modal seperti kapitalisasi pasar, jumlah investor dan lainnya.

“Hingga 2026 mendatang kami menargetkan kapitalisasi pasar bisa mencapai Rp13.500 triliun. Dan jumlah investor serta emiten diharapkan tumbuh 2 kali lipat. Kami yakin ini bisa dicapai dengan adanya roadmap tahunan yang akan dibahas dengan stakeholder lainnya.” katanya dalam konferensi pers setelah RUPST, Selasa (29/6/2022).

Ini Komentar Guru Besar UI

Terkait hal tersebut, Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia Budi Frensidy mengatakan, dengan posisi kapitalisasi pasar saat ini di kisaran Rp9.000 triliun, target BEI sebesar Rp13.500 triliun dalam 4 tahun mendatang dinilai dapat tercapai.

Dalam rentang waktu 2022 – 2026, peningkatan kapitalisasi pasar tersebut berarti sekitar 50 persen, atau rata-rata sekitar 10 persen per tahun. “Seharusnya target tersebut tidak sulit tercapai, apalagi akan ada emiten-emiten baru sehingga kenaikan IHSG cukup single digit saja,” jelasnya.

Meski demikian, ia meragukan target BEI dalam meningkatkan jumlah emiten sebesar 2 kali lipat dapat tercapai. Menurutnya, tantangan target ini utamanya berasal dari sisi regulasi dan biaya – biaya terakit.

Ia menyarankan BEI sebaiknya mempermudah proses menjadi perusahaan tercatat terlebih dahulu. Selain itu, biaya-biaya untuk menjadi perusahaan publik juga dapat diturunkan, baik saat pendaftaran maupun ketika perusahaan tersebut sudah tercatat di bursa.

Sementara itu, untuk meningkatkan jumlah investor, Budi mengatakan BEI perlu meningkatkan program-program edukasi dan sosialisasi.
“Program itu harus lebih gencar ke berbagai lapisan, mulai dari ke kampus, sekolah, dan lingkungan masyarakat umum,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “BEI Target Kapitalisasi Pasar Rp13.500 Triliun Pada 2026, Ini Komentar Guru Besar UI”, Klik selengkapnya di sini: https://market.bisnis.com/read/20220629/7/1549418/bei-target-kapitalisasi-pasar-rp13500-triliun-pada-2026-ini-komentar-guru-besar-ui.
Author: Lorenzo Anugrah Mahardhika
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Related Posts

1 Response

Budi Frensidy

Experienced Lecturer with a demonstrated history of working in the financial services industry. Skilled in Analytical Skills, Lecturing, Macroeconomics, Behavioral Finance, and Management. Strong education professional with a Doktor focused in Keuangan from Universitas Indonesia.

Recent Articles

11Rekomendasi Saham Perbankan Besar
August 2, 2022
Simak Rekomendasi Saham Perbankan Besar Usai Laporan Keuangan Semester I-2022
11
July 30, 2022
Perbaikan Fundamental Jadi Penyebab Saham-Saham Ini Bangkit dari Zona Gocap
11
July 29, 2022
Budi Frensidy Soroti Pentingnya Matematika Keuangan untuk Pahami Investasi

Tag Cloud

Post Category