Dilema Subsidi BBM dan Inflasi Tinggi

Dilema Subsidi BBM – Di tengah ancaman resesi global akibat melemahnya perekonomian dunia, Indonesia juga dihadapkan pada ancaman inflasi tinggi. Apalagi, sejumlah hal diprediksi akan makin meningkatkan inflasi di dalam negeri. Salah satunya wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Hal tersebut seperti dikatakan Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia (UI), Budi Frensidy, dalam Journalist Class yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2022.

Baca juga: Aturan 72 Dalam Investasi

“Harga pertalite naik berdampak pada suku bunga naik, lalu berdampak pada biaya bunga yang naik. Dampaknya juga terhadap biaya bunga di L/K emiten yang juga naik, dampaknya laba emiten menurun yang pada akhirnya membuat pertumbuhan ekonomi tertahan,” ujar Budi.

Meski begitu, lanjutnya, ini menjadi sebuah dilema tersendiri bagi pemerintah. Jika subsidi BBM dipertahankan ketika harga minyak dunia masih tinggi, akan mempengaruhi defisit anggaran. Defisit anggaran yang makin tinggi kemudian ditutup dengan utang, yang pada akhirnya rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat.

Baca juga: Matematika Keuangan, edisi 4 revisi

“Pemerintah mengalami dilema antara subsidi BBM vs inflasi tinggi. Namun Indonesia termasuk yang mampu tetap tumbuh positif di tengah resesi global meskipun pasar keuangan mungkin saja kena guncangan sesaat (temporer) jika terjadi capital outflow masih di pasar saham dan obligasi,” tegas Budi.

Artikel ini telah tayang di infobanknews.com dengan judul “Dilema Subsidi BBM dan Inflasi Tinggi”, Klik untuk baca: https://infobanknews.com/dilema-subsidi-bbm-dan-inflasi-tinggi/.
Reporter :
Editor : Bagus Kasanjanu

Related Posts

Budi Frensidy

Experienced Lecturer with a demonstrated history of working in the financial services industry. Skilled in Analytical Skills, Lecturing, Macroeconomics, Behavioral Finance, and Management. Strong education professional with a Doktor focused in Keuangan from Universitas Indonesia.

Recent Articles

11Matematika Keuangan
November 22, 2022
Matematika Untuk Perencanaan Keuangan
11Pasar Modal Indonesia Capai 45 Tahun, Ini Sederet PR BEI
November 20, 2022
Pasar Modal Indonesia Capai 45 Tahun, Ini Sederet PR BEI
11Tambah Usia! Transparansi dan Variasi Produk BEI Diharapkan Meningkat
November 18, 2022
Tambah Usia! Transparansi dan Variasi Produk BEI Diharapkan Meningkat

Tag Cloud

Post Category