Gesit dan Taktis di Pasar Modal - Budi Frensidy

Gesit dan Taktis di Pasar Modal

11
Judul Buku :Gesit dan Taktis di Pasar Modal
Tahun Terbit :2016
Halaman :314
Penerbit :Salemba Empat
ISBN :9789790616943

Ringkasan

Gesit dan Taktis di Pasar Modal: Berbekal Behavioral Finance

Ketertarikan masyarakat akan dunia investasi makin terasa. Ketertarikan ini harus dibarengi dengan pemahaman akan berbagai jenis investasi. Khususnya yang sesuai dengan tujuan individu, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Beragam jenis investasi tersedia sesuai kebutuhan individu. Investasi menyentuh masyarakat awam. Namun, di balik individu-individu ini, banyak juga para ahli atau investor yang telah lama berkecimpung di dunia invetasi, apa pun bentuknya. Mereka ini antara lain para profesional di pasar modal, seperti sales, analis, investment banking, manajemen risiko, ataupun fund manager.

Meskipun beberapa orang sudah berpengalaman di bidang investasi, sama halnya dengan investor baru, semua memiliki risiko kegagalan dalam berinvestasi, khususnya ketika ekonomi tengah memburuk. Buku ini hadir untuk memberikan wawasan kepada para praktisi keuangan, investor saham, serta mahasiswa ekonomi dan bisnis, terutama yang berminat untuk lebih memahami pasar modal khususnya bursa saham, juga tentang bagaimana memilih invetasi terbaik sesuai profil risiko. Tiap artikel merupakan hasil observasi, pemikiran, dan pengalaman penulis sebagai praktisi dan konsultan pasar keuangan, investor, dan pengajar investasi dan manajemen keuangan.

Buku Gesit dan Taktis di Pasar Modal ini memadukan perangkat analisis fundamental yang sudah menjadi acuan para analis dan investor dengan konsep behavioral finance. Dengan penguasaan ilmu matematika terapan, akuntansi, keuangan, dan ekonomi, penulis mampu mengemasnya untuk membuat para investor gesit dan taktis, tanpa harus aktif dan agresif.

Ulasan

Friderica Widyasari Dewi – Direktur Utama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

“Buku ini memadukan perangkat analisis fundamental yang sudah menjadi acuan para analis dan investor dengan konsep behavioral finance yang masih menjadi barang langka di negeri ini. Dengan penguasaan ilmu matematika terapan, akuntansi, keuangan, dan ekonomi, penulis mampu mengemasnya untuk membuat para investor gesit dan taktis, tanpa harus aktif dan agresif.”

 

Dr. Irwan Adi Ekaputra – Ketua Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

“Penulis buku ini seorang akademisi sekaligus praktisi dalam bidang pasar modal. Karena itu, buku ini menarik dan perlu dibaca oleh para praktisi.”

 

Dr. Muliaman D. Hadad – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

“Investasi di pasar modal memerlukan pemahaman tentang produk, aturan, dan tingkah laku para pelakunya. Buku ini berusaha untuk menanamkan konsep-konsep dasar itu terutama mengenai bias-bias yang dialami investor ritel yang naif dengan modal dan pengetahuan terbatas.”

 

Abi Hurairah Mochdie – Ketua Asosiasi ProfesiPasar Modal Indonesia (APPMI) – Direktur Utama PT Recapital Securities

“Buku yang perlu dibaca pelaku, peminat, serta mahasiswa keuangan dan investasi yang ditulis pakarnya untuk mengenal behavioral finance di pasar modal terutama di bursa saham. Sangat bermanfaat untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia terutama para investor ritel.”

 

Haryajid Ramelan – Ketua Umum Lembaga Sertifikasi Profesi-Pasar Modal (LSP-PM)

“Buku ini mengenalkan ilmu baru dalam ranah keuangan, yaitu behavioral finance. Ilmu ini tidak mengajarkan bagaimana agar Anda bisa cepat kaya, tetapi bagaimana Anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah dan sering dilakukan investor saham ritel. Investor pemula hingga yang sudah ahli perlu membaca buku ini agar tidak salah persepsi.”